KEGIATAN DONOR DARAH BERSAMA PMI KOTA BANDA ACEH DALAM RANGKA PENGABMAS DOSEN AKIMBA TAHUN 2022
blog-img
22/03/2022

KEGIATAN DONOR DARAH BERSAMA PMI KOTA BANDA ACEH DALAM RANGKA PENGABMAS DOSEN AKIMBA TAHUN 2022

UPPM AKIMBA | Berita Umum

Dalam upaya mengarahkan Perguruan Tinggi untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) khususnya dalam pelaksanaan dharma Pengabdian kepada Masyarakat, maka dosen AKIMBA melaksanakan kegiatan Pengabmas Donor Darah rutin setiap setahun sekali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Banda Aceh dengan tema "Kita Sehat,  Mereka Selamat". Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Maret 2022 dan berlangsung mulai pukul 08.30 – 13.30 WIB di Akper Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh (AKIMBA). Pada kegiatan ini juga turut melibatkan mahasiswa sebagai anggota pengabmas sekaligus panitia kegiatan

Kegiatan donor darah diawali dengan melakukan screening terlebih dahulu oleh petugas PMI Cabang Kota Banda Aceh kepada pendonor sebagai persyaratan secara umum yang terdiri dari berat badan minimal 50 kilogram, sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, tidak sedang mengonsumsi obat dalam waktu 3 hari terakhir, tidak mempunyai riwayat penyakit berat (jantung, diabetes, dan lain-lain), lolos cek tensi dan Hemoglobin (HB). HB untuk perempuan minimal 12 gr/dl sedangkan HB laki-laki minimal 13 gr/dl. Bagi perempuan tidak sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Setelah dinyatakan lolos, para pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini sebanyak 180 peserta yang terdiri dari dosen, staf, mahasiswa dan juga masyarakat umum dan terkumpul sebanyak 110 kantong darah. 110 kantong darah ini berasal dari peserta yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai pendonor darah.

Kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh Civitas Akademika AKIMBA dan pihak PMI Kota Banda Aceh yang telah bersama- sama menyukseskan kegiatan Donor Darah dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dosen AKIMBA pada tahun 2022. Harapannya dengan terlaksana kegiatan kemanusiaan seperti ini AKIMBA terus menjadi pelopor dalam membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan transfusi darah.

Bagikan Ke:

Populer


UPPM - Akademi Keperawatan Kesdam IM Banda Aceh
- © Copyright 2024 ICT Akademi Keperawatan Kesdam IM Banda Aceh